Skip to main content

Pengertian, Rumus, Rujukan Kalimat Simple Present Tense Terlengkap

Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat Simple Present Tense Terlengkap - Salam menyebarkan sepenuh hati. Bagaimana kabar readers semua hari ini? Semoga tetap baik-baik saja dan masih tetap semangat menggali ilmu untuk bekal hidup di masa depan (cie-cie pesan etika hehehe). Yuk pribadi saja masuk ke pembahasan bahan Bahasa Inggris kita wacana pengertian simple present tense dan rujukan kalimat simple present tense kali ini. Let’s work it out!!

Simple Present Tense

1.      Fungsi Simple Present Tense

Secara keseluruhan ada empat fungsi dari Simple Present Tense yang lazim digunakan dalam bahasa inggris sebagai berikut:
a. Digunakan untuk menyatakan acara yang biasa kita lakukan berulang - ulang.
b. Digunakan untuk menyatakan fakta atau kebenaran umum.
c. Digunakan untuk menyatakan acara yang sudah terpola yang akan kita lakukan dalam waktu dekat.
Digunakan untuk menyatakan acara yang sedang dilakukan kini (sama dengan Present Continuous Tense) namun khusus untuk Kata Kerja / Verb yang tergolong dalam Non-Continuous Verb dan Mixed Verbs.
Secara lengkap rujukan kalimat dari fungsi Simple Present Tense di atas dibahas secara lengkap di sini Kumpulan Contoh Kalimat Simple PresentTense Lengkap Berdasarkan Fungsinya

2.      Time Signal Simple Present Tense

Daftar kata keterangan waktu dan frequnsi / adverb of time and frequency yang biasa digunakan sebagai penanda digunakannya Simple Present Tense ialah sebagai berikut:
a. everyday, every weekend, every morning, once a week, twice a day, three times a month, once in two week dll
b. always, often, usually, sometimes, rarely/seldom, never
Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat Simple Present Tense Terlengkap

3.      Pattern / Pola Kalimat Simple Present Tense

Dalam Simple Present Tense ada dua jenis kalimat menurut Predikatnya. Kedua jenis kalimat itu ialah sbb:
A. VERBAL SENTENCE (KALIMAT YANG MEMILIKI KATA KERJA)
Berdasarkan “Subjeknya” VERBAL SENTENCE juga dibagi menjadi dua kelompok sbb:
I.. Khusus Subjek ( I, YOU, THEY, WE, & KATA BENDA JAMAK)
SUBJECT   +
VERB 1    +
O/C
SUBJECT   +
DO NOT  +  VERB 1 +
O/C
DO  +
SUBJECT  + VERB 1 +
O/C ?

CONTOH KALIMAT:
(KALIMAT +) They study english at my house every Sunday.
(KALIMAT - ) They do not study english at my house every Sunday.
(KALIMAT ?) Do they study english at my house every Sunday?

II.. Khusus Subjek ( SHE, HE, IT, & KATA BENDA TUNGGAL)!!!

SUBJECT   + VERB 1  + S/ES/IES  + O/C
SUBJECT   + DOES NOT  +  VERB 1 + O/C
DOES  + SUBJECT  + O/C?

CONTOH KALIMAT:
(KALIMAT +) Kinza always plays piano in her spare time.
(KALIMAT - ) Kinza does not always play piano in her spare time.
(KALIMAT ?) Does Kinza always play piano in her spare time?

B. NOMINAL SENTENCE (KALIMAT YANG TIDAK MEMILIKI KATA KERJA)
Khusus kalimat yang tidak mempunyai kata kerja!!!
Jadi kalimat – kalimat ini harus dibubuhi TOBE (is / am / are) sebagai predikatnya
SUBJECT   +
TOBE (is / am / are) +
C
SUBJECT   +
TOBE (is / am / are) + NOT +
C
TOBE  +
SUBJECT  +
   C ?

CONTOH KALIMAT:
(KALIMAT +) She is a teacher of an elementary shool.
(KALIMAT - ) She is not a teacher of an elementary shool.
(KALIMAT ?) Is she a teacher of an elementary shool?
Catatan:
A. TOBE
Lalu bagaimana menentukan TOBE (IS / AM / ARE) ? Nah ternyata kita tidak perlu menentukan – milih alasannya semua sudah ada jodohnya masing – masing jadi tidak ada yang akan jomblo, eeaa eeaa baper deh jadinya. Nih di bawah list perjodohannya:
SUBJECT ( SHE , HE, IT, & kata benda Tunggal) + IS
SUBJECT ( I, YOU, THEY, WE, & kata benda Jamak) + ARE
SUBJECT ( Khusus I) + AM
B. COMPLEMENT
Complement ialah perhiasan yang biasanya berisi kata benda (NOUN) / kata sifat (ADJECTIVE) / kata keterangan (ADVERB).
Nah untuk mengecek bank rujukan kalimat Simple Present Tense paling lengkap klik link di bawah ini alasannya bila mau dimuat semua di halaman ini tidak muat hehe.

4.      Kalimat Aktif dan Pasif Simple Present Tense

Kalimat Pasif ialah kalimat yang lebih menekankan pada hasil perbuatan yang dilakukan si subjek dibandingkan subjek itu sendiri. Dengan kata lain dalam kalimat pasif apa yang dilakukan lebih penting dibandingkan siapa yang melakukan. Oleh karenananya dalam kalimat pasif Objek bahu-membahu berperan sebagai Subjek dan Subjek bahu-membahu berperan sebagai Objek. Dan perlu diingat bahwa hanya kalimat yang mempunyai kata kerja dan objek yang dapat dirubah menjadi kalimat pasif.
Contoh :
Once a week, Rina visits her grandma. (kalimat Aktif)
Once a week, her grandma is visited by Rina. (kalimat Pasif)
Untuk melihat pembahasan lebih banyak lagi wacana passive voice, silahkan klik di sini.
OK see u soon ya untuk bahas – bahas bahan bahasa Inggris yang lainya, penulis pamit da da. Demikian pembahasan kita wacana simple present tense beserta contoh, pengertian, dan fungsinya. Semoga menambah pemahaman teman englishiana.com semua khususnya dalam menguasai segala hal yang berkaitan dengan simple present tense mulai dari rujukan kalimat poositif negatif dan introgatifnya, pengertiannya, dan rumusnya. Untuk melihat pembahasan wacana simple present tense yang lainnya, silahkan klik di sini.

Popular posts from this blog

Materi Dan Soal Latihan Expression Of Giving Advice Dalam Bahasa Inggris

Materi dan Soal Latihan Expression of Giving Advice dalam Bahasa Inggris - Contoh Ungkapan Giving Advice - Dialog Giving Advice dalam Bahasa Inggris - Halooo teman-teman, Pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan klarifikasi wacana bagaimana caranya memperlihatkan pesan yang tersirat atau dalam bahasa inggrisnya ialah giving advice. Memberikan pesan yang tersirat kepada seseorang itu penting alasannya ialah kita tidak hidup di dunia ini sendirian saja, maka dari itu kita perlu memberitahukan hal yang baik untuk ia lakukan sebagai pesan yang tersirat atau saran untuk kebaikan ia sendiri. Jika giliran kita yang diberikan saran pun, kita harus mendengarkannya juga mempertimbangkan pesan yang tersirat tersebut untuk masa depan kita yang lebih baik. Okeee baiklah, tanpa basa bau lagi, mari kita aneka macam cara untuk menciptakan kalimat giving advice berikut ini. Menggunakan 'Should' dan 'Ought to' (Modal) You should do more exercise. You should do your exer

Materi Dan Soal Bahasa Inggris 'Holiday' (Hari Libur) Kelas 6 Sd

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas ihwal Holiday atau dalam bahasa indonesianya yakni hari libur. Holiday yakni hari dimana kita libur dari segala kegiatan, baik itu sekolah, kuliah atau bekerja. Dalam waktu libur itu kita sanggup melaksanakan hal yang kita sukai, contohnya berlibur, melaksanakan hobi, atau hanya kalau ingin membisu di rumah juga tidak apa - apa. Tanpa basa-basi lagi mari kita simak hal-hal menyenangkan yang sanggup kita lakukan pada ketika liburan dalam bahasa inggris. playing football = bermain sepak bola playing volleyball = bermain voli playing chess = bermain catur cooking = memasak fishing = memancing walking around = jalan jalan di sekitar gymnastics = senam farming = berkebun playing in the playground = bermain di taman bermain writing a story = menulis cerita playing hide and seek = bermain petak umpet drawing and painting = menggambar dan mewarnai playing video games = bermain video games going to the museum = pergi ke museum goin

Materi Dan Soal Latihan Bahasa Inggris Folktales (Cerita Rakyat) Kelas 6 Sd

Hello everyone, how are you today? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas wacana bahan folktales atau dongeng rakyat dalam bahasa inggris. Materi ini diajarkan pada kelas 6 SD dan merupakan bahan wajib dalam bahasa inggris. Apa itu folktales? Menurut Cambridge Dictionary folktales ialah "a traditional story that people of a particular region or group repeat among themselves". Yang berarti dongeng tradisional yang orang orang ceritakan turun temurun atau verbal ke mulut. Biasanya folktale ini berupa dongeng. Generic Structure dari Folktale Narrative text memiliki 3 susunan struktur ibarat berikut ini: Orientation Bagian Orientation berisi wacana pengenalan tokoh-tokoh, latar belakang kawasan dan waktu dari cerita. (siapa, apa, kapan, dan dimana) Complication Pada bab complication, masalah-masalah mulai muncul dan harus di selesaikan oleh tokoh utama pada dongeng tersebut. Resolution Resolution ialah dimana dongeng berakhir. Pada bab ini problem terselesaika