Skip to main content

Contoh Dan Cara Menulis Surat Formal Dan Informal Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Contoh dan Cara Menulis Surat  Formal dan Informal dalam Bahasa Inggris beserta Artinya – Sobat englishiana.com, surat dalam bahasa Inggris merupakan salah satu media komunikasi tertulis selain Email dan Memo. Surat bahasa Inggris menjadi sangat penting keberadaannya sebab jenis ini tergolong yang paling lengkap isinya dibandingkan Email dan Memo.
Ada dua jenis surat dalam bahasa Inggris, yaitu formal dan informal. Surat formal digunakan dalam komunikasi professional baik ke pada instansi pemerintah maupun untuk urusan bisnis. Mengingat pentingnya peranan surat formal dalam bahasa Inggris ini, kali ini saya akan terlebih dahulu membahas cara menulis dan contoh surat formal bahasa Inggris. Namun jangan khawatir, cara menulis dan contoh surat informal bahasa Inggris akan kita bahas pada posting berikut: Cara menulis dan contoh suratinformal bahasa Inggris

Nah mari kita kumpulkan konsentrasi dan fokus untuk membahas langkah-langkah menulis dan contoh formal letter bahasa Inggris berikut!

Formal dan Informal dalam Bahasa Inggris beserta Artinya Contoh dan Cara Menulis Surat  Formal dan Informal dalam Bahasa Inggris beserta Artinya
Contoh dan Cara Menulis Surat  Formal Dan Informal

Langkah-langkah Menulis Surat Formal dalam Bahasa Inggris

1. Tahu kapan harus menulis surat resmi.
Menulis surat resmi hanya diperlukan ketika kita bekerjasama dengan seseorang yang hanya Anda tahu dalam kapasitas profesional. Misalnya surat yang ditulis kepada institusi pemerintah atau bisnis, bukan untuk individu yang dikenal.
Surat formal harus diketik, kemudian dicetak. Anda sanggup menggunakan software tertentu untuk mengedit surat formal ini, menyerupai Microsoft Word, OpenOffice, atau Text Edit. Jika surat formal ini digunakan untuk kebutuhan yang  mendesak atau peserta lebih menentukan email, Anda sanggup mengirim email sebagai gantinya.
Ketika bekerjasama dengan atasan Anda ketika ini atau rekan kerja, Anda bisa menggunakan bentuk yang semi formal. Email jenis ini boleh digunakan kondisi tersebut dan Anda tidak perlu alamat di belahan atas halaman.
Lihat pola suratnya di sini!
2. Tulislah alamat dan tanggal hari ini (saat menulis surat) di belahan atas halaman.
Tulislah nama dan alamat di belahan atas (kiri) halaman. Jika Anda menulis surat bisnis, gunakanlah nama perusahaan dan alamat atau tulislah, di belahan atas surat, kop surat perusahaan. Sebaiknya kalau anda menentukan menuliskan nama perusahaan dan alamatnya, tulislah ke dua gosip tersebut pada dua baris sebelum menulis tanggal hari ini.
Tuliskan tanggal dengan lengkap. 19 November 2016 (British) atau September 19th , 2016 (Amerika) keduanya lebih baik untuk digunakan dibanding menulisnya dengan Sept. 19, 2014 or 19/9/14.
Tidak perlu menuliskan tanggal ketika menulis email.
Lihat pola suratnya di sini!
3. Tulislah nama dan alamat penerima.
Kecuali Anda sedang menulis email, Lewati dua baris tulislah gosip kontak orang yang Anda tuju. Tulislah tiga hal berikut masing-masing pada baris terpisah di (sebelah kanan) halaman :
Nama lengkap dan titel
Nama perusahaan atau organisasi (jika ada)
Alamat lengkap (gunakan dua baris atau lebih kalau diperlukan)
Lihat pola suratnya di sini!
4. Tulislah salam pembuka surat.
Loncati satu baris lagi, kemudian sapalah peserta surat dengan salam pembuka surat semisal "Dear" / " Yang terhormat" diikuti dengan nama orang yang anda tuju (jika diketahui). Anda sanggup menggunakan nama belakang, atau nama lengkap (pertama dan terakhir), tetapi tidak pernah nama pertama saja. Sertakan titel profesional disingkat kalau ada.
Jika Anda mengetahui jabatannya saja tetapi tidak mengetahui nama orang yang Anda tuju, Anda sanggup menuliskan jabatannya saja, semisal "Dear Health Inspector:"/ "Bapak Inspektur Kesehatan:" atau frase yang sama. Biasanya, nama orang tersebut sanggup ditemukan dengan pencarian secara online, jadi cobalah mencari terlebih dahulu.
Jika Anda tidak mengetahui nama peserta surat Anda cukup tuliskan "Dear Sir or Madam," / " Yang terhormat Bapak atau Ibu,” atau "To Whom It May concern,"/ "Kepada siapa pun yang berkepentingan,". Perlu Anda ketahui bahwa cara ini terdengar sedikit kaku dan kuno, jadi cobalah untuk menghindarinya bila memungkinkan.
Lihat pola suratnya di sini!
5. Dalam menulis surat formal, kita harus membukanya dengan pernyataan yang terperinci wacana apa tujuan kita menulis surat tersebut.
Jangan menggunakan singkatan, semisal (tulislah are not bukan aren’t), dan gunakanlah kalimat pertanyaan yang formal (tulislah Would you be interested in...? bukannya Do you want to...?). Koreksilah  ejaan dan tata bahasa surat tersebut ketika selesai, atau mintalah seorang sobat untuk membantu Anda.
Jika Anda menulis untuk keperluan bisnis resmi, ingatlah untuk tetap menulisnya dengan pendek dan pribadi / singkat dan jelas. Jika Anda menulis surat tersebut ungtuk saudara yang jauh atau kenalan Anda untuk alasan-alasan sosial, Anda sanggup menulisnya dengan sedikit lebih bercakap-cakap. Ini cara terbaik untuk menjaga pembaca tetap membaca hingga ke bawah halaman.
Lihat pola suratnya di sini!
6. Gunakanlah epilog yang mengandung pujian.
Sebuah epilog yang mengandung kebanggaan pada surat Anda, sanggup memberi kesan dan menciptakan hubungan yang baik dengan penerima. Buatlah jarak dua kali enter sesudah paragraf terakhir dari surat tersebut, kemudian tulislah  sebuah epilog yang mengandung pujian. Untuk surat-surat resmi, tulislah "Sincerely yours," "Kindest regards," or "Best wishes." / "Hormat kami," "Salam terbaik," atau "Harapan Terbaik." Tandatanganlah di bawah salam epilog tersebut, sebagai berikut:
Untuk surat-surat resmi yang diketik, sisakan sekitar empat enter ke bawah antara salam epilog dan ketiklah nama lengkap Anda. Cetak surat itu, kemudian tandatanganilah ruang kosong tadi dengan tinta biru atau hitam.
Dalam email formal, ketik nama lengkap Anda sesudah salam penutup.
Anda sanggup menggunakan titel status (Mr. / Miss. / Mrs.) untuk Anda sendiri ketika Anda menempatkan nama Anda di tamat surat resmi. Misalnya, seorang perempuan yang sudah menikah biasanya menulisnya dengan "Mrs. Amanda Straw."
Lihat pola suratnya di sini!
7. Lipatlah Surat (opsional).
Jika Anda mengirim surat tersebut melalui pos, lipatlah menjadi tiga. Lipatlah belahan bawah lembar surat ke atas hingga menjadi tiga lipatan yang seimbang. Lipatan surat cara ini memastikan bahwa surat akan masuk ke dalam amplop secara keseluruhan.
Lihat pola suratnya di sini!
8.Tulislah alamat pada amplop (opsional).
Tulislah nama lengkap peserta (jika ada) diikuti dengan alamat lengkapnya di sebelah pojok kanan permukaan amplop, seperti:
Mr Johni Sirregar
123 DEF St.
New York City, NY 1188
Lihat pola suratnya di sini!
9. Tulislah alamat pengirim (alamat kalau surat harus dikembalikan) pada amplop (opsional).
Jika kantor pos tidak sanggup mengirmkan surat Anda ke alamat tujuan sebab alasan tertentu, kantor pos akan mengirim surat kembali ke alamat pengirim tanpa biaya tambahan. Tuliskanlah nama dan alamat menyerupai yang ada dalam surat; satu-satunya perubahan yang mungkin terjadi yaitu bahwa Anda mungkin hanya ingin menulis nama belakang Anda, bukan nama lengkap Anda. Tulislah alamat tersebut di belahan pojok kiri bawah amplop.

Lihat Juga:


18 Contoh surat informal / tidak resmi / personal dalam bahasa Inggris dan artinya
Bagaiman sobat englishiana.com, gampang bukan menciptakan surat resmi dalam bahasa Inggris? Nah biar pembahasan wacana cara menulis surat resmi di atas yang disertai dengan contoh letter baik formal maupun informal bisa memberi pencerahan untuk kita semua dalam hal menciptakan contoh personal letter ataupun contoh business letter.Untuk mempelajari lebih jauh wacana text functional lainnya, menyerupai notice, announcement, email, memo dll silahkan klik di sini.

Popular posts from this blog

Materi Dan Soal Latihan Telling The Time (Jam Dan Waktu)

Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris  Hello everyone, how are you today? Hari ini kami akan membahas wacana bahan Jam dan Waktu dalam bahasa inggris. Di dalam kehidupan sehari-hari kita niscaya tidak pernah lepas dari yang namanya waktu, adanya siang dan malam, kemudian jam berapa kita biasanya berangkat ke sekolah, jam berapa program TV favorit kita tayang, dan lain sebagainya. Kita tentu harus bisa membaca Jam tersebut supaya kita tahu pukul berapa sekarang. Istilah yang sering muncul dalam Telling Time a.m : ante meridiem (dimulai dari jam 12 malam hingga jam 12 siang) p.m : post meridiem (dimulai dari jam 12 siang hingga jam 12 malam) Long hand : Jarum panjang Short hand : Jarum pendek Second hand : Jarum detik Alarm clock : Jam beker Clock : Jam dinding Watch : Jam tangan Hour : Jam Minute : Menit Second : Detik O'clock : Digunakan untuk menandakan jam saat jarum panjangnya sempurna ke jam 12. Past : Lebih To : Kurang A quarter : Seperempat (15 meni...

Materi Dan Soal Latihan Expression Of Giving Advice Dalam Bahasa Inggris

Materi dan Soal Latihan Expression of Giving Advice dalam Bahasa Inggris - Contoh Ungkapan Giving Advice - Dialog Giving Advice dalam Bahasa Inggris - Halooo teman-teman, Pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan klarifikasi wacana bagaimana caranya memperlihatkan pesan yang tersirat atau dalam bahasa inggrisnya ialah giving advice. Memberikan pesan yang tersirat kepada seseorang itu penting alasannya ialah kita tidak hidup di dunia ini sendirian saja, maka dari itu kita perlu memberitahukan hal yang baik untuk ia lakukan sebagai pesan yang tersirat atau saran untuk kebaikan ia sendiri. Jika giliran kita yang diberikan saran pun, kita harus mendengarkannya juga mempertimbangkan pesan yang tersirat tersebut untuk masa depan kita yang lebih baik. Okeee baiklah, tanpa basa bau lagi, mari kita aneka macam cara untuk menciptakan kalimat giving advice berikut ini. Menggunakan 'Should' dan 'Ought to' (Modal) You should do more exercise. You should do your exer...

Materi 'Public Places' Beserta Referensi Kalimat Dan Soal Latihannya

Hello everyone, how are you today? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas vocabulary Public Places atau dalam bahasa indonesia berarti kawasan umum. Materi public places ini ialah bab dari vocabulary bahasa inggris yang paling dasar atau basic, biasanya diajarkan di sekolah dasar atau taman kanak kanak. Tapi untuk kalian yang juga sudah cukup umur jangan aib untuk mempelajari juga vocabulary public place ini, alasannya ialah semakin kaya vocabulary kita maka kita akan semakin lancar dalam memakai bahasa inggris. Nah, pertama-tama mari kita simak nama nama Public Places. school = Sekolah mosque = mesjid train station = stasiun kereta airport = bandara amusement park = taman hiburan clinic = klinik cinema = bioskop cafe = kafe cafetaria = kantin town hall = balai kota post office = kantor pos coffee shop = warung kopi bank = bank barbershop = tukang cukur bus station = halte bus bookstore = toko buku gift shop = toko hadiah hotel = hotel gym = gym inn = peng...