Skip to main content

Pengertian, Jenis, Dan Tumpuan Penggunaan Preposisi Dalam Bahasa Inggris Terlengkap

Preposition of Time and Location (In – On – At)  – Pokok bahasan kita kali ini terkait dengan preposition (in,on, dan at) dalam konteks nya sebagai preposition of time and location. Sebelum terlalu jauh membahas wacana hal tersebut, kita harus tahu terlebih dahulu wacana apa itu “preposition” atau yang dikenal dengan “preposisi” dalam bahasa Indonesia.

Preposisi dalam Bahasa Inggris Terlengkap

Pengertian “Preposition”

Dalam Oxford Dictionary dinyatakan bahwa preposition bermakna “A word governing, and usually preceding, a noun or pronoun and expressing a relation to another word or element in the clause, …” atau jikalau diterjemahkan maka makna preposition ialah “Sebuah kata yang mengatur, dan biasanya mengawali, kata benda atau kata ganti dan mengekspresikan korelasi dengan kata lain atau elemen lain dalam klausa tertentu,dalam bahasa Indonesia sendiri, preposisi sering dimaknai sebagai kata depan, atau kata perangkai”.
Nah dari banyak jenis preposisi yang ada dalam bahasa Inggris, diantara yang paling popular ialah (in,on, dan at). Apa bedanya dan bagaimanasajakah cara menggunakannya? Silahkan pahami bahasan berikut ini!

(In – On – At) sebagai Preposition of Time

Dalam fungsinya sebagai “preposition of time”, in, on, dan at biasanya diikuti oleh informasi-informasi berikut:
A. In
In umumnya diikuti oleh satuan waktu dalam konteks yang umum atau cakupan waktu yang lebih luas ibarat “Century”, “Decades”, “Years”, “Months”, dan “Weeks”.
IN + DECADES/YEARS/MONTHS/WEEKS
Contoh:
- This culture emerged in the 1800’s. (in + Century)
- In the 80’s, many people were illiterate. (in + Decade)
- I was born in 1989. (in + Year)
- The event is going to be held in July. (in + Month)
- The book will be available in two weeks. (in + Week)

B. On
On umumnya diikuti oleh satuan waktu yang lebih spesifik. On diikuti beberapa satuan waktu yang lebih khsus disbandingkan preposisi In seperti “Days / Dates” and “The Weekend”.
ON + DAYS/DATES/WEEKEND
Contoh:
- I was born on April 23th, 1989. (on + Date)
- I am always happy on my birthday. (on + Day)
-  The opening ceremony will be held on Saturday. (on + Day)
-  I am always at home on the weekend. (on + Weekend)
C. At
At umumnya diikuti oleh satuan waktu yang sangat spesifik. At diikuti beberapa satuan waktu yang lebih khsus yaitu “hours”.
AT + HOURS
- I will be there at 7 pm. (at + Hour)

(In – On – At) sebagai Preposition of Location

A. In
In umumnya diikuti oleh cakupan lokasi yang umum ibarat “Country”, “City”, , dan “Neighborhood”.
IN + COUNTRY/CITY/NEIGHBORHOOD
Contoh:
-  I really want to live in England. (in + country)
- The are so many good spots in Bandarlampung. (in + city)
- Many people want to buy some souvenirs in Chinatown. (in + neighborhood)
B. On
On umumnya diikuti oleh cakupan lokasi yang lebih spesifik. On diikuti beberapa penunjuk lokasi ibarat “Streets(Jalan)” and “Avenue (Jalan Raya)”.
ON + STREETS/AVENUE
Contoh:
- I lived on Jl. Pramuka two years ago. (on +name of street)
- Never stop on Jl. Sudirman because it is forbidden. (on + name of avenue)
C. At
At umumnya diikuti oleh cakupan lokasi yang sangat spesifik. At diikuti oleh alamat lengkap atau lokasi tertentu yang sangat spesifik “Adress” and “Specific Location”.
AT + ADRESS/SPECIFIC LOCATION
Contoh:
- I lived at Jl. Pramuka No. 75, Kedaton, Bandarlampung two years ago. (at + specific address)
- Please stop at Alfamay store because I need to buy some sugar. (at + specific location)
Nah demikianlah diskusi singkat wacana preposition of time dan preposition of location dari preposisi (in, on, dan at). Pada posting berikutnya akan dibahas juga preposisi (in, on, dan at) dan preposisi-preposisi lainnya dalam konteks preposition of place. 
Semoga klarifikasi ini bermanfaat menambah pengetahuan sahabat englishiana.com sekalian. Untuk halaman selanjutnya terkait dengan preposition ini, sanggup sahabat englishiana.com lihat pada postingan berikut: preposition of place. Nah, untuk melihat aneka macam topic bahasan terkaitgrammar, silahkan klik di sini.

Popular posts from this blog

Materi Dan Soal Latihan Expression Of Giving Advice Dalam Bahasa Inggris

Materi dan Soal Latihan Expression of Giving Advice dalam Bahasa Inggris - Contoh Ungkapan Giving Advice - Dialog Giving Advice dalam Bahasa Inggris - Halooo teman-teman, Pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan klarifikasi wacana bagaimana caranya memperlihatkan pesan yang tersirat atau dalam bahasa inggrisnya ialah giving advice. Memberikan pesan yang tersirat kepada seseorang itu penting alasannya ialah kita tidak hidup di dunia ini sendirian saja, maka dari itu kita perlu memberitahukan hal yang baik untuk ia lakukan sebagai pesan yang tersirat atau saran untuk kebaikan ia sendiri. Jika giliran kita yang diberikan saran pun, kita harus mendengarkannya juga mempertimbangkan pesan yang tersirat tersebut untuk masa depan kita yang lebih baik. Okeee baiklah, tanpa basa bau lagi, mari kita aneka macam cara untuk menciptakan kalimat giving advice berikut ini. Menggunakan 'Should' dan 'Ought to' (Modal) You should do more exercise. You should do your exer

Materi Dan Soal Bahasa Inggris 'Holiday' (Hari Libur) Kelas 6 Sd

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas ihwal Holiday atau dalam bahasa indonesianya yakni hari libur. Holiday yakni hari dimana kita libur dari segala kegiatan, baik itu sekolah, kuliah atau bekerja. Dalam waktu libur itu kita sanggup melaksanakan hal yang kita sukai, contohnya berlibur, melaksanakan hobi, atau hanya kalau ingin membisu di rumah juga tidak apa - apa. Tanpa basa-basi lagi mari kita simak hal-hal menyenangkan yang sanggup kita lakukan pada ketika liburan dalam bahasa inggris. playing football = bermain sepak bola playing volleyball = bermain voli playing chess = bermain catur cooking = memasak fishing = memancing walking around = jalan jalan di sekitar gymnastics = senam farming = berkebun playing in the playground = bermain di taman bermain writing a story = menulis cerita playing hide and seek = bermain petak umpet drawing and painting = menggambar dan mewarnai playing video games = bermain video games going to the museum = pergi ke museum goin

Materi Dan Soal Latihan Bahasa Inggris Folktales (Cerita Rakyat) Kelas 6 Sd

Hello everyone, how are you today? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas wacana bahan folktales atau dongeng rakyat dalam bahasa inggris. Materi ini diajarkan pada kelas 6 SD dan merupakan bahan wajib dalam bahasa inggris. Apa itu folktales? Menurut Cambridge Dictionary folktales ialah "a traditional story that people of a particular region or group repeat among themselves". Yang berarti dongeng tradisional yang orang orang ceritakan turun temurun atau verbal ke mulut. Biasanya folktale ini berupa dongeng. Generic Structure dari Folktale Narrative text memiliki 3 susunan struktur ibarat berikut ini: Orientation Bagian Orientation berisi wacana pengenalan tokoh-tokoh, latar belakang kawasan dan waktu dari cerita. (siapa, apa, kapan, dan dimana) Complication Pada bab complication, masalah-masalah mulai muncul dan harus di selesaikan oleh tokoh utama pada dongeng tersebut. Resolution Resolution ialah dimana dongeng berakhir. Pada bab ini problem terselesaika