Skip to main content

Penggunaan Do/Does' Pada Simple Present Tense Kelas 7 Smp

Adakalanya para pelajar ataupun orang-orang yang sedang mencar ilmu bahasa inggris kebingungan dengan menciptakan kalimat simple present tense. Padahal rumus simple present tense merupakan rumus yang paling dasar untuk memulai pembelajaran sebuah grammar, hanya subject + verb 1. Lalu bagaimana dengan simple present tense yang memakai do/does? Apakah itu termasuk simple present? Lalu bagaimana cara menempatkan do/does dalam sebuah kalimat? Eiiiiits tahan dulu pertanyaan kau dan silahkan simak klarifikasi wacana penggunaan do/does berikut ini.

Ciri-ciri Kalimat yang Menggunakan Do/Does
  • Do/Does tergolong kata kerja tidak beraturan (irregular verb) yang artinya mengerjakan atau melaksanakan atau menyelesaikan. Bentuk verb-2 dan verb-3-nya berturut-turut yakni DID, dan DONE.
  • Do/Does hanya ada pada kalimat simple present tense
  • Do/Does hanya ada pada kalimat negatif (don't/doesn't) dan tanya/interrogative (?)

Kalimat Negative dengan Do dan Does
Dalam bentuk negatif harus ditambahkan not sehingga menjadi do not dan does not. Rumusnya menyerupai ini: S + Do/Does + Not + Verb 1. Perhatikan kalimat berikut ini.

(-) Do
  • I do not eat the pudding in the fridge! (aku tidak memakan puding di kulkas!)
  • I do not know where your wallet is. (aku tidak tahu dimana dompetmu)
  • I do not want to lose you again (aku tidak mau kehilanganmu lagi)
  • I do not know why you make her cry (aku tidak tahu kenapa kau membuatnya menangis)
  • You do not know what I mean, aren't you? (kau tidak tahu apa yang saya maksud kan?)
  • We do not play football this afternoon (kami tidak bermain bola sore ini)
  • They do not go to work on sunday because it's free (mereka tidak pergi ke daerah kerja pada hari ahad alasannya yakni itu hari libur)
  • They do not come to your party (mereka tidak tiba ke pesta-mu)
  • We do not want your answer (kami tidak mau jawabanmu)
  • You do not understand what it's mean. (kamu tidak mengerti apa yang saya maksud)
(-) Does
  • She does not want to eat all day (dia tidak mau makan sepanjang hari)
  • He does not drink alcohol (dia tidak minum alkohol)
  • She does not teach English everyday (dia tidak mengajar bahasa inggris setiap hari)
  • Mr. Alan does not go to Bandung every week (pak alan tidak pergi ke bandung setiap minggu)
  • My mother does not cook everyday (ibuku tidak memasak setiap hari)
  • My father does not work in his office every sunday (ayahku tidak bekerja di kantornya setiap hari minggu)
  • Lutfi does not water the plants everyday (lutfi tidak menyiram flora setiap hari)
  • Rian does not eat his breakfast (rian tidak memakan sarapannya)
  • The sun does not sets on the east (matahari tidak terbenam di timur)
  • The earth does not revolve around the moon (bumi tidak mengelilingi bulan)
Kalimat Interrogative (?) dengan Do dan Does
Dalam bentuk interrogative does dipindah kedepan kalimat dan berganti posisi dengan subject, kemudian di bubuhkan tanda tanya (?) di belakang kalimat. Rumusnya menyerupai ini: Do/Does + Subject + Verb 1 + ?

(?) Do
  • Do you come to her party last night? (apakah kau tiba ke pestanya malam kemarin?)
  • Do you work everyday? (apakah kau bekerja setiap hari?)
  • Do you eat your breakfast in the morning? (apakah kau memakan sarapanmu pada pagi hari?)
  • Do I have to go to the meeting today? (apakah saya harus pergi ke pertemuan hari ini?)
  • Do I invite her to my party? (apakah saya mengundangmu ke pestaku?)
  • Do I hurt your feelings? I'm sorry (apakah saya menyakiti perasaanmu? Maafkan aku)
  • Do they play football everyday? (apakah mereka bermain bola setiap hari?)
  • Do they go to school every morning? (apakah mereka pergi ke sekolah setiap pagi?)
  • Do we walk to the office? (apakah kami berjalan ke kantor?)
  • Do we spend our holiday every weekend? (apakah kami menghabiskan wakttu liburan kami setiap minggu?)
(?) Does

  • Does she eat her dinner every night? (apakah ia memakan makan malamnya setiap malam?)
  • Does she bring her wallet to her office? (apakah ia membawa dompetnya ke kantor?)
  • Does Lisa get a good grade in mathematics? (apakah lisa mendapat nilai elok pada pelajaran matematika?)
  • Does he drink milk every night? (apakah ia minum susu setiap malam?)
  • Does he jog every morning? (apakah ia lari pagi setiap pagi?)
  • Does Riki sleep well every night? (apakah riki tidur nyenyak setiap malam?)
  • Does cherry blossom bloom every spring? (apakah bunga sakura mekar setiap ekspresi dominan semi?)
  • Does the printer always broken like this? (apakah printernya selalu rusak menyerupai ini?)
  • Does earth revolve around the sun? (apakah bumi berputar mengitari matahari?)
  • Does cat always sleep everywhere like this? (apakah kucing selalu tidur dimana saja menyerupai ini?)
Silahkan download soal bahasa inggris mengenai penggunaan do/does pada link berikut ini yaa.


Baiklah, cukup sekian penjelasan, teladan kalimat, dan soal latihan bahasa inggris mengenai do/does. Semoga sanggup membantu pembelajaran kalian. Silahkan share dan berikan komentar pada kolom di bawah ini supaya menjadi motivasi bagi penulis untuk menulis konten yang lebih baik lagi. Thank you for reading and see you later! ^^

Popular posts from this blog

Materi Dan Soal Latihan Expression Of Giving Advice Dalam Bahasa Inggris

Materi dan Soal Latihan Expression of Giving Advice dalam Bahasa Inggris - Contoh Ungkapan Giving Advice - Dialog Giving Advice dalam Bahasa Inggris - Halooo teman-teman, Pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan klarifikasi wacana bagaimana caranya memperlihatkan pesan yang tersirat atau dalam bahasa inggrisnya ialah giving advice. Memberikan pesan yang tersirat kepada seseorang itu penting alasannya ialah kita tidak hidup di dunia ini sendirian saja, maka dari itu kita perlu memberitahukan hal yang baik untuk ia lakukan sebagai pesan yang tersirat atau saran untuk kebaikan ia sendiri. Jika giliran kita yang diberikan saran pun, kita harus mendengarkannya juga mempertimbangkan pesan yang tersirat tersebut untuk masa depan kita yang lebih baik. Okeee baiklah, tanpa basa bau lagi, mari kita aneka macam cara untuk menciptakan kalimat giving advice berikut ini. Menggunakan 'Should' dan 'Ought to' (Modal) You should do more exercise. You should do your exer

Materi Dan Soal Latihan Bahasa Inggris Folktales (Cerita Rakyat) Kelas 6 Sd

Hello everyone, how are you today? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas wacana bahan folktales atau dongeng rakyat dalam bahasa inggris. Materi ini diajarkan pada kelas 6 SD dan merupakan bahan wajib dalam bahasa inggris. Apa itu folktales? Menurut Cambridge Dictionary folktales ialah "a traditional story that people of a particular region or group repeat among themselves". Yang berarti dongeng tradisional yang orang orang ceritakan turun temurun atau verbal ke mulut. Biasanya folktale ini berupa dongeng. Generic Structure dari Folktale Narrative text memiliki 3 susunan struktur ibarat berikut ini: Orientation Bagian Orientation berisi wacana pengenalan tokoh-tokoh, latar belakang kawasan dan waktu dari cerita. (siapa, apa, kapan, dan dimana) Complication Pada bab complication, masalah-masalah mulai muncul dan harus di selesaikan oleh tokoh utama pada dongeng tersebut. Resolution Resolution ialah dimana dongeng berakhir. Pada bab ini problem terselesaika

Materi Dan Soal Bahasa Inggris 'Holiday' (Hari Libur) Kelas 6 Sd

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas ihwal Holiday atau dalam bahasa indonesianya yakni hari libur. Holiday yakni hari dimana kita libur dari segala kegiatan, baik itu sekolah, kuliah atau bekerja. Dalam waktu libur itu kita sanggup melaksanakan hal yang kita sukai, contohnya berlibur, melaksanakan hobi, atau hanya kalau ingin membisu di rumah juga tidak apa - apa. Tanpa basa-basi lagi mari kita simak hal-hal menyenangkan yang sanggup kita lakukan pada ketika liburan dalam bahasa inggris. playing football = bermain sepak bola playing volleyball = bermain voli playing chess = bermain catur cooking = memasak fishing = memancing walking around = jalan jalan di sekitar gymnastics = senam farming = berkebun playing in the playground = bermain di taman bermain writing a story = menulis cerita playing hide and seek = bermain petak umpet drawing and painting = menggambar dan mewarnai playing video games = bermain video games going to the museum = pergi ke museum goin