Skip to main content

Definisi Passive Voice Beserta Rumus Dan Contohnya

Definisi Passive Voice Beserta Rumus dan Contohnya Definisi Passive Voice Beserta Rumus dan Contohnya

Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Passive Voice

- Passive voice merupakan salah satu struktur bahasa di dalam grammar yang patut kita ketahui. passive voice merupakan gaya goresan pena dimana objek dari kalimat berkembang menjadi subjek kalimat.

Kemudian bagaimana kalimat passive voice sanggup terbentuk? Passive voice terbentuk dikala sesuatu yang biasanya diselesaikan oleh subjek kalimat menjadi diselesaikan oleh objek kalimat.

Di dalam penulisan passive voice, siapapun yang melaksanakan agresi didalam sebuah kalimat, itu bukanlah subjek dari kalimat tersebut.

Contoh :
  • The Homework was completed by Jennie. (PR telah diselesaikan oleh Jennie)
Walaupun "Jennie" telah menuntaskan "homework", "Jennie" bukanlah subjek dari kalimat tersebut. Subjek dari kalimat diatas yaitu "homework."

Di dalam passive voice, seseorang yang terlibat dalam agresi dalam kalimat akan ditempatkan di final kalimat sesudah verb.
  • The cake was eaten by Lisa. (Kuenya telah dimakan oleh lisa)
Lagi, di dalam kalimat ini, "The cake" menjadi subjek dari kalimat.

Lalu Bagaimana Passive Voice Terbentuk?

Kalimat passive voice terbentuk dikala apa yang harusnya menjadi objek dari kalimat, berkembang menjadi subjek kalimat.

Untuk membentuk kalimat dalam passive voice, subjek kalimat harus diikuti dengan "to be" verb dengan sebuah past participle.

Cara Membentuk Kalimat Passive Voice
  1. Dimulai dari kalimat bentuk active voice
    - Jennie bought clothes
    - "Jennie" yaitu subjek: "clothes" yaitu objek.
  2. Objek kalimat dirubah menjadi subjek kalimat
    - The clothes
  3. Tambahkan "to be" dan past participle
    - The clothes were bought
  4. Tambahkan subjek yang bekerjsama di final kalimat yang di awali dengan preposition
    - The clothes were bought by Jennie
Apa Perbedaan Passive Voice dan Active Voice?

Passive voice yaitu dikala sesuatu yang seharusnya menjadi subjek kalimat berkembang menjadi objek kalimat. Sedangkan active voice terjadi dikala subjek kalimat benar benar melaksanakan agresi dari kalimat tersebut.

Contoh Active Voice
  • Bimo plays videogame
Dalam kalimat diatas, 'Bimo' sebagai subjek yang melaksanakan 'plays videogame'

Contoh Active vs Passive Voice
  • Bimo plays football (aktif)
  • The videogame was played by Bimo (pasif)
Subjek kalimat diatas jelas-jelas berbada, dimana dalam passive voice, subjeknya berada di final kalimat (bertindak sebagai objek), sementara objek kalimat berada di depan kalimat (bertindak sebagai subjek).

Contoh Kalimat Passive Voice

Kami akan memperlihatkan 10 pola untuk kalimat passive voice biar kalian sanggup lebih mengerti bagaimana kalimat pasif dalam bahasa inggris sanggup terbentuk.
  1. The cat was rescued by firefighters. (kucing itu diselamatkan oleh pemadam kebakaran)
  2. The mail was delivered by postman this morning. (Surat itu diantarkan oleh pak pos pagi ini)
  3. My laptop has been fixed by repairman. (Laptopku sudah diperbaiki oleh tukang reparasi)
  4. The play was written by Shakespeare. (Drama itu ditulis oleh Shakespeare)
  5. My shoes are washed every week. (Sepatuku dicuci setiap seminggu sekali)
  6. The supermarket will be closed. (Supermarket itu akan ditutup)
  7. A book was bought by Kimmy. (Sebuah buku telah dibeli oleh Kimmy)
  8. The letters written by Lucy. (Surat itu ditulis oleh Lucy)
  9. The movie has been watched by him. (Film itu telah ditonton olehnya)
  10. The prescription is given by doctor. (Resep itu diberikan oleh dokter)

Terimakasih sudah membaca pengertian, rumus, dan pola passive voice dalam bahasa Inggris. Semoga sanggup membantu kalian dalam berguru bahasa Inggris di sekolah. Silahkan berikan komentar pada kolom komentar di bawah ini, dan jangan lupa untuk share ke sosial media kau ya. Good luck and have a nice day!

Popular posts from this blog

Materi Dan Soal Latihan Expression Of Giving Advice Dalam Bahasa Inggris

Materi dan Soal Latihan Expression of Giving Advice dalam Bahasa Inggris - Contoh Ungkapan Giving Advice - Dialog Giving Advice dalam Bahasa Inggris - Halooo teman-teman, Pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan klarifikasi wacana bagaimana caranya memperlihatkan pesan yang tersirat atau dalam bahasa inggrisnya ialah giving advice. Memberikan pesan yang tersirat kepada seseorang itu penting alasannya ialah kita tidak hidup di dunia ini sendirian saja, maka dari itu kita perlu memberitahukan hal yang baik untuk ia lakukan sebagai pesan yang tersirat atau saran untuk kebaikan ia sendiri. Jika giliran kita yang diberikan saran pun, kita harus mendengarkannya juga mempertimbangkan pesan yang tersirat tersebut untuk masa depan kita yang lebih baik. Okeee baiklah, tanpa basa bau lagi, mari kita aneka macam cara untuk menciptakan kalimat giving advice berikut ini. Menggunakan 'Should' dan 'Ought to' (Modal) You should do more exercise. You should do your exer

Materi Dan Soal Bahasa Inggris 'Holiday' (Hari Libur) Kelas 6 Sd

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas ihwal Holiday atau dalam bahasa indonesianya yakni hari libur. Holiday yakni hari dimana kita libur dari segala kegiatan, baik itu sekolah, kuliah atau bekerja. Dalam waktu libur itu kita sanggup melaksanakan hal yang kita sukai, contohnya berlibur, melaksanakan hobi, atau hanya kalau ingin membisu di rumah juga tidak apa - apa. Tanpa basa-basi lagi mari kita simak hal-hal menyenangkan yang sanggup kita lakukan pada ketika liburan dalam bahasa inggris. playing football = bermain sepak bola playing volleyball = bermain voli playing chess = bermain catur cooking = memasak fishing = memancing walking around = jalan jalan di sekitar gymnastics = senam farming = berkebun playing in the playground = bermain di taman bermain writing a story = menulis cerita playing hide and seek = bermain petak umpet drawing and painting = menggambar dan mewarnai playing video games = bermain video games going to the museum = pergi ke museum goin

Materi Dan Soal Latihan Bahasa Inggris Folktales (Cerita Rakyat) Kelas 6 Sd

Hello everyone, how are you today? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas wacana bahan folktales atau dongeng rakyat dalam bahasa inggris. Materi ini diajarkan pada kelas 6 SD dan merupakan bahan wajib dalam bahasa inggris. Apa itu folktales? Menurut Cambridge Dictionary folktales ialah "a traditional story that people of a particular region or group repeat among themselves". Yang berarti dongeng tradisional yang orang orang ceritakan turun temurun atau verbal ke mulut. Biasanya folktale ini berupa dongeng. Generic Structure dari Folktale Narrative text memiliki 3 susunan struktur ibarat berikut ini: Orientation Bagian Orientation berisi wacana pengenalan tokoh-tokoh, latar belakang kawasan dan waktu dari cerita. (siapa, apa, kapan, dan dimana) Complication Pada bab complication, masalah-masalah mulai muncul dan harus di selesaikan oleh tokoh utama pada dongeng tersebut. Resolution Resolution ialah dimana dongeng berakhir. Pada bab ini problem terselesaika